Filosofi Bambu Cina Dalam Bisnis

Bambu memang sarat filosofi. Ada sepenggal petuah dari Lao Tse tentang rumpun bambu: sekali pun bambu meliuk diterpa angin, dia mempunyai pegangan, akar yang kuat menghujam di tanah.

bamboo.jpg

Bambu pada empat tahun pertama menanam, tidak ada pertumbuhan yang signifikan, karena pada empat tahun pertama tersebut bambu memperkuat sistem pengakarannya. Setelah tahun kelima bambu baru menunjukkan pertumbuhan ke atas yang sangat cepat dan orang hanya dapat memotong dan menggergajinya, tapi tidak akan bisa mencabut akarnya.

Filosofi ini menunjukkan kepada kita bahwa dalam dunia bisnis hal yang perlu diperhatikan adalah membangun fundamental / hal yang paling mendasar terlebih dahulu. Misalnya membangun relationship, memperkuat sistem dan sebagainya. Sehingga dapat dipastikan kesuksesan di masa mendatang merupakan kesuksesan yang sesungguhnya yang dibangun dengan penuh kesabaran dan kegigihan. Kebanyakan orang saat ini menginginkan kesuksesan instant dan tidak sabar ketika mengalami kegagalan.

1. Bambu adalah tanaman rumput, namun bambu sangat special / unik. Sekalipun rumput, tapi bambu dapat mengekspresikan diri sedemikian rupa sehinggga mampu menghadirkan manfaat.

Tanaman bambu menunjukkan kita bahwa latar belakang kita tidak mempengaruhi kesuksesan seseorang. Selama ia terus berkomitmen untuk sukses maka iapun akan dapat sukses apapun latar belakangnya. Seperti bambu yang hanya merupakan bangsa rumput.

2. Pasca ledakan bom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Satu satunya tanaman yang tumbuh pertama kali adalah tanaman bambu.

Tanaman bambu memberikan contoh kepada kita untuk selalu bangkit dari keterpurukan, kehancuran, dan selama ia dapat tumbuh ia akan melupakan keterpurukan dan kembali bangkit.

3. Bambu memiliki Fleksibilitas yang tinggi. Jarang sekali tanaman bambu roboh pada saat terjadi angin kencang.

Dalam membangun sebuah bisnis, hal penting yang harus diperhatikan adalah kesehatan mental. Salah satu tanda pribadi yang matang adalah pribadi yang fleksibel dan tidak kaku. Sehingga berapapun besarnya tiupan angin yang menerpanya, ia tidak akan roboh.

Contohlah filosofi pohon bambu cina dalam bisnis Anda, dalam 3 – 4 tahun, ia hanya mampu mencapai ketinggian setengah meter. Selama itu, ia hanya tumbuh ke arah bawah. Akarnya diperkuat. Tapi di tahun kelima, ia mampu tumbuh dahsyat, sampai 5 atau 6 meter ke atas. Dan ketinggian itu bisa dicapai, tidak mudah roboh, karena akarnya sudah cukup kuat.

Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat berwirausaha.

Iklan

7 thoughts on “Filosofi Bambu Cina Dalam Bisnis

  1. Filosofi yang bagus sekali, ternyata banyak hal yang bisa dipetik dari alam ini.

    Ngomong2 Bambu, tanaman ini memang merupakan tanaman yang banyak sekali jasanya. Tunas bambu yang masih muda juga bisa dimakan buat sayur rebung.

  2. Tuhan menciptakan seluruh isi dimuka bumi ini pasti mempunyai mamfaat bagi alam dan manusia, sebesar dan sekecil apapun benda atwpun makhluk pasti ada mfaatnya,,, Bambu salah satunya tumbuhan yg mempunyai makna filosovi hidup yg sangat memberilan kisah inspiratif,,,
    ,,,,by: jumaidi akadir
    pontianak kalbar ( punggur)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s