Sekilas Petualangan dari PA (Pestipal Angkringan)

Brief about PA (Pestipal Angkringan)

Pestipal Angkringan diselenggarakan pada hari Sabtu – Minggu tanggal 19 – 20 April 2008 di Selasar Parkir Gedung Java Design Center (JDC / Kadin Jateng), Jalan Imam Bonjol 154 – 160 Semarang.

Kegiatan ini diselenggarakan bersama oleh Jaringan Rumah Usaha (JRU), DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Provinsi Jawa Tengah, dan Komunitas TDA. Kegiatan Pestipal Angkringan ini merupakan komitmen penyelenggara dalam menggerakkan perekonomian sektor riil, utamanya di ranah usaha mikro.

Kegiatan PA antara lain adalah Forum Wedangan, temu komunitas kewirausahaan, forum silaturahmi & jejaring kewirausahaan, diskusi motivasional, dan diskusi mengenai berbisnis secara online.

@ 19 April 2008

Acara pembukaan PA hari pertama saya tidak sempat ikut coz baru nyampe ke lokasi JDC (Java Design Center) ba’dha dzuhur. Sesampainya saya di tempat, alhmdllh saya disambut dgn hangat oleh Bung Hatta dari TDA Joglo dan mbak Izha Yusmal, ketua panitia PA dari TDA Semarang.
Dari informasi yang saya dapatkan dari rekan2 TDA, acara pembukaan dibuka oleh Ketua KADIN dan HIPPI.

Wah, wah, wah setelah melihat kiri dan kanan, angkringan2 yang merupakan tema event udah crowded dibanjiri oleh pengunjung. Ada beberapa tokoh masyarakat yang melepaskan diri dari atribut untuk sekadar menikmati suasana yang begitu sederhana dan penuh kekeluargaan.

Sebelum mengikuti acara yang insyaallah akan dibawakan oleh Pak Yusef J. Hilmi, tanpa berpikir panjang dan membuang waktu, saya langsung mendekati satu persatu member TDA, baik dari TDA Semarang maupun dari TDA JOGLO. Dari perkenalan itu, saya bisa lebih mengenal siapa pelaku yg sebelumnya hanya saya kenal by online dan lebih mudah bagi saya mengajak mereka ikut serta berpartisipasi di forum PI. Yah, dari situ banyak pertanyaan yg mereka ajukan, misal.. siapa foundernya, dimana lokasinya, visi & misi, tujuan, kapan diadkn kopdar?

Setelah membagi2kan cardname, hehehe saya ditemani oleh Bung melihat sekilas stand2 UMKM. Wah, selain angkringan…stand2 UMKM juga diserbu pengunjung. Hal yg tak kalah menariknya, di PA tersedia fasilitas HOTSPOT. Dengan adanya fasilitas ini, sebagian besar pemilik stand dapat dengan mudah berpetualang dalam dunia tanpa batas. Demikian juga dengan stand sekretariat TDA Semarang, membuka kesempatan bagi pengunjung untuk lebih jauh mengenal internet. Permintaan edukasi dan konsultasi pun diterima dengan tangan terbuka. Kereeeen….

Beberapa menit lagi acara diskusi dengan tema “Mengembangkan Potensi Diri melalui Optimalisasi Otak” oleh Yusef J. Hilmi dibuka. Dengan cekatan saya langsung mengambil tempat duduk diantara para peserta yang lain dan mulai memperhatikan moderator mempersilahkan Pak Yusef untuk memulai sesi pertama.

bincang2
Acara berlangsung cukup interaktif, terlihat dari antusias para peserta dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada pak Yusef. Hehehe g mau ketinggalan, saya pun turut berpartisipasi. Alhamdulillah, dari satu pertanyaan dapat deh satu buku gratis. Dan dari jawaban atas pertanyaan trsbt, saya merasa tidak harus melepaskan jabatan ampibi yg tengah saya jalani right now hehehe… muantab.

Setelah mengikuti semua sesi dalam acara bincang2 bersama Pak Yusef, saya beranjak menuju ke stan utama TDA Semarang. Wah, aji mumpung baru melangkahkan kaki eh ketemu deh sama mas Deden dari Mahkota Dewa. Pertemuan yg menggembirakan dan konyol , hehehehe ternyata oh ternyata beliau tipikal orang yang konyol dan gokil. Sense becandanya kuat banget. Asyiknya, beliau ternyata bisa meramal (huehuehue garis tangan kiri ku dibaca looh). Mau tau ga? yg minta diramal bukan saya saja… ada bberapa teman TDA yang g mau ketinggalan sesi ramalan ini. Wakakaka…. bung juga ikut2an diramal. Cukup lama saya sharing dengan mas Deden. Nah, waktunya shalat dam makan neh. Yuuuuk….Waah… saya sama sekali tidak bisa menikmati makanan, hikz9 g tau knapa.. tanyakan pada siapa? hehehe jelasnya ada hal yg membuat susasana hati tidak enak dan berimbas ke nafsu makan (sesi ini di sensor je :D)

Duh hampir ketinggalan, saat melirik ke panggung terlihat Pak Andrias Ekoyuono dari http://www.detik.com sedang memberikan materi “Siasat Bisnis Online”. Tempat duduk sudah dipenuhi peserta so mau g mau ya saya harus mengikutinya dari jarak yg lumayan jauh..hehehe gpp stan TDA Semarang bagus juga dijadikan tempat cangkruk. Dari bincang bisnis ini, peserta bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana mengoptimalkan potensi-potensi komunikasi pemasaran yang bisa dilakukan melalui bisnis online.

G kerasa hari udah menjelang malam, nah waktunya loncat2 lagi neh…. hehehe sprti kutu loncat, lari dari stan yg satu k stan yang lain. Inilah sesi menghipnotis. Secara perlahan2 membuat org lain masuk ke dalam dunia ku.. *mode on lebih banyak pertanyaan yg diajukan semakin gila otak ini berpikir. Akhirnya mengkomunikasikan about PI kepada para pemilik stan bisa kesampaian juga. G lupa cardname yg sudah susah payah didesign oleh my brother (Pak yus) saya tinggalkan dengan sengaja 😀

bersambung…….

Iklan

One thought on “Sekilas Petualangan dari PA (Pestipal Angkringan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s