Memahami Marketing Mix

KONSEP 4P

Konsep 4P. Inilah konsep utama dalam pemasaran dan merupakan langkah-langkah yang dijalankan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Dari sudut pandang seorang marketer (pelaku pemasaran), konsep ini terdiri dari empat elemen utama, yaitu;

1. Product (barang atau jasa)

2. Price (harga)

3. Place (distribusi)

4. Promotion (Promosi)

Inilah yang dikenal dengan 4P atau marketing mix.

Kombinasi dari keempat elemen ini membentuk cara memasarkan sebuah produk.

note: Lakukan hal ini dengan benar, maka Anda akan terbang ke “surganya pemasaran”; tetapi bila Anda membuat kesalahan, pintu neraka terbuka. 😀

TANTANGAN

Tantangan yang dihadapi dalam konsep marketing mix adalah menyeimbangkan semua komponen. Semua perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas (entah itu manusia atau keuangan) dan semua itu harus dialokasikan secara optimal.

Sekalipun riset dapat membantu Anda dalam hal ini, tidak ada cara yang paling benar dalam mengalokasikan sumber daya. Malah Anda harus melewati suatu proses interaktif yang dimulai dengan marketing mix teoretis (di atas kertas, dan tidak sempurna) dan berdasarkan respons (hasil) yang timbul dari proses pemasaran. Konsep ini akan terus-menerus disempurnakan, yang selanjutnya akan menolong Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Internet memberikan dimensi baru pada tantangan ini. Anda mungkin harus mengorbankan channel (jalur) yang ada atau melakukan perubahan mendasar atas konsep marketing mix Anda.

Konsekuensi dari persiapan Anda menghadapi era E-commerce

MEMBUAT KOMBINASI yang TEPAT

Ukuran kombinasi yang tepat tentunya akan berbeda dari satu produk ke produk yang lainnya, dari satu lokasi ke lokasi lainnya, dan dari satu jenis usaha ke jenis usaha lainnya. Namun demikian, keempat elemen ini perlu disatukan untuk mendukung CVP (Customer Value Proposition) atau manfaat barang/jasa yang diharapkan oleh pelanggan.

1. PRODUCT (PRODUK)

Hal2 yang perlu dipertimbangkan, di antaranya;

· Manfaat bagi pelanggan

· Kualitas

· Desain

· Ciri2 teknis

· Branding/merek (nama produk)

· Packaging (pembungkus produk)

· Service (Pelayanan)

· Pelatihan yang mungkin perlu Anda berikan

2. PRICE (HARGA)

Ada banyak faktor untuk menentukan harga. Harga yang Anda tentukan bisa saja dianggap sebagai ukuran dari semua manfaat yang Anda tawarkan. Kemudian….. mereka akan memutuskan apakah tawaran Anda bernilai (bermanfaat) bagi mereka atau tidak (ingat yah konsep CVP).

Note: Konsep CPV (manfaat barang/jasa yang diharapkan oleh pelanggan.) Manfaat (value) tersebut adalah:

V-Visible satisfaction: kepuasan yg jelas dirasakan para pelanggan Anda

AAnalyse markets: menganalisis pasar-pasar yg ada, agar Anda benar-benar memahami dinamika yg terdapat disana

LLook @ competitors: perhatikan gerak-gerik pesaing-pesaing Anda dan kalahkan mereka

UUnderstans: pahami kebutuhan sesungguhnya dari para pelanggan Anda

EEqualise: seimbangkan antara manfaat dan harganya

Harga (price) adalah elemen paling fleksibel dibanding dengan 3P yang lain, dan Anda dapat menentukan harga jangka pendek atau harga jangka panjang untuk memaksimalkan kesempatan. 😉

3. PLACE (DISTRIBUSI)

Hal ini berhubungan dengan proses penyediaan produk ke tangan para pelanggan Anda.

Ada banyak metode yg dapat dijalnkan-Hal ini dikenal sebagai distribution channels (jalur distribusi) atau supply chains (rantai penyediaan).

4. PROMOTION (PROMOSI)

Anda harus member tahu para pelanggan tentang produk-produk Anda atau mereka tidak akan pernah tahu dimana memperoleh barang atau jasa yang Anda sediakan.

* sumber dari Buku  Neill Russel

Iklan

7 thoughts on “Memahami Marketing Mix

  1. agung berkata:

    ringkas dan cukup padat, namun untuk bagian promosi, masih perlu ditambahkan terkait dengan metode dan media promosi yang digunakan…..keep spirit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s