10 Tip Untuk Memilih Bisnis Yang Tepat

Dengan banyaknya peluang yang tersedia saat ini, maka semakin sulit untuk menentukan bisnis yang sesuai untuk Anda.
Pilihan bisnis yang salah akan menghabiskan waktu dan uang, serta harapan dan impian Anda.

Gunakan tips berikut untuk memilih bisnis yang tepat untuk Anda.

1. Membuat daftar hobi Anda

Hobi dapat digunakan sebagai lahan berbisnis. Anda ingin menikmati bisnis Anda, mulailah dengan mendata hobi yang Anda sukai. Lihat di masing-masing item pada daftar Anda, dan tentukan mana yang dapat direalisasikan kedalam bisnis.

2. Mendata apa yang Anda ketahui

Selain hobi ada banyak hal yang Anda ketahui. Buatlah data hal-hal yang Anda ketahui dengan sangat baik. Jangan mendata hal-hal yang kurang Anda minati, atau yang membosankan. Lihat pada daftar tersebut dan tentukan item mana yang dapat direalisasikan kedalam bisnis.

3. Membuat daftar ketiga dari informasi daftar satu dan dua diatas.

Pada daftar ketiga, tulislah hal yang benar-benar dapat dijalankan sebagai bisnis.

4. Mencintai apa yang anda lakukan bukanlah satu-satunya pertimbangan ketika memilih bisnis

Orang lain juga harus mencintai apa yang Anda lakukan, atau memerlukan hasil dari tindakan Anda, jika tidak Anda tidak akan mendapatkan pelanggan. Dengan daftar final Anda, mulai lakukan riset.

Anda bisa melakukan riset dari http://www.overture.com. Klik “Advertiser Center” di bagian atas halaman.

Dengan menggunakan Keyword Selector Tool, ketikkan kata kunci bisnis yang anda rencanakan. Seberapa populer kata-kata tersebut? Apakah orang menunggu-nunggu apa yang dapat Anda tawarkan pada mereka? Jika bisnis Anda adalah bisnis offline, kebutuhan apa yang dapat Anda tawarkan pada komunitas?

Sangat penting untuk memiliki informasi ini sebelum menginvestasikan waktu dan uang. Beri tanda untuk hal-hal yang tidak penting.

5. Dengan daftar bisnis yang potensial yang ada, lakukan estimasi biaya dan operasikan masing-masing dalam tiga bulan pertama

Berapa banyak dana yang Anda gunakan dalam bisnis baru tersebut? Ingatlah untuk menambahkan biaya periklanan. Anda juga harus mempertimbangkan biaya hidup Anda jika tidak ada sumber pendapatan yang lainnya. Bisnis mana yang mampu Anda mulai? Apakah pendanaan juga termsuk dalam opsi? Hilangkan bisnis yang tidak realistik dari daftar Anda.

6. Membuat daftar baru untuk bisnis yang tersisa di daftar Anda

Anda perlu tahu apa yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis Anda. Anda perlu tahu segala sesuatunya. Alat apa yang Anda butuhkan? Bagaimana Anda mengiklankannya? Bentuk apa yang diinginkan? Berapa banyak dana yang anda butuhkan diawal? Persyaratan lokal dan regional apa saja yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda? Berapa keuntungan yang dihasilkan dari masing-masing bisnis tersebut setiap tahunnya? Buatlah daftar pertanyaan, dan jawablah pertanyaan yang ada di daftar Anda.

7. Berapa banyak waktu yang Anda sediakan sebagai investasi bisnis Anda?

Perhatikan secara realistis waktu yang dibutuhkan untuk bisnis potensial Anda.

8. Tempatkan orang-orang yang ada dalam daftar di bisnis Anda

Cari jalan untuk berbicara dengan mereka. Temukan apa yang menjadi kendala, dan bagaimana menghindarinya. Belajar sebanyak mungkin dari mereka yang telah memulai usaha, apa saja yang perlu diperhatikan, mulai dari finansial hingga pengaturan waktu, dan apa yang telah mereka lakukan agar bisnisnya berhasil. Bukanlah ide yang baik untuk memilih kompetitor dalam riset ini. Atau memilih seseorang yang bukan kompetitor, atau jangan sampai mereka tahu Anda adalah kompetitor potensial mereka. Teleponlah atau datang pada saat pertemuan dengan membawa daftar pertanyaan.

9. Memikirkan sisa bisnis potensial yang ada dalam list Anda

Pikirkan satu per satu. Bayangkan Anda mengambil langkah yang diperlukan untuk memulai masing-masing bisnis. Bayangkan Anda menjalankan bisnis tersebut. Mana yang menurut Anda lebih tepat? Mana yang menurut Anda ada yang salah? Jangan pernah menyalahkan insting keberanian Anda. Dengan menjalankan beberapa bisnis sekaligus bisa menimbulkan masalah. Anda akan kewalahan menangani tugas yang sama berkali-kali. Anda perlu berpikir panjang terhadap opsi-opsi Anda, kepribadian, kesukaan dan apa yang tidak Anda sukai.

10. Dengan semua informasi yang Anda kumpulkan di riset, Anda berada pada posisi terbaik untuk memilih bisnis baru

Jangan buang list Anda. Mungkin Anda ingin mencoba salah satunya di masa datang – setelah berhasil dengan bisnis Anda yang pertama.

Sumber: Kelly Lowe
Adalah pemilik Online Business Base. Kelly memberikan pelatihan pada siapa saja yang ingin mendirikan bisnis rumahan secara profesional. Selain itu, dia juga penulis lepas profesional, serta menyusun database ide dan peluang bisnis di web sitenya.

Iklan

3 thoughts on “10 Tip Untuk Memilih Bisnis Yang Tepat

  1. Ass..wr.wb..
    Mbak Syania..tipsnya oke punya…thx atas tambahan ilmunya,motivasinya jg bisa jd rujukan,Mbak yang di Pengusaha Indonesia kan?..maaf kalo salah.Salam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s