Kutipan

Tasya Souvenir Mementingkan Ketepatan Waktu & Quality Control

Tasya Souvenir sangat mementingkan Ontime (Ketepatan Waktu) & memperhatikan QC (Quality Control) apapun itu pesanan klien.

Pengalaman beberapa hari yang lalu, terima barang dari salah satu partner. Kebetulan partner ini usahanya sudah punya nama. Terkenal dengan produk yang eksklusif & berani mengambil order yang mepet/kilat.

Dan hasilnya…. (ternyata tidak kami duga), Barang yang datang tidak datang tepat waktu seperti yang dijanjikan bisa kilat dan parahnya lagi setelah kami cek satu per satu ada 50 pcs barang reject (tidak lolos QC) .

Dari kejadian ini kami sampaikan alasan mengapa Tasya Souvenir tidak berani mengambil resiko untuk order yang mepet waktu pemakaiannya.

1. Manusia tidak pernah tahu waktu tidak baiknya (ya sakit atau kejadian lain yang diluar kehendak manusia). Misalnya salah satu karyawan sakit, pekerjaan bisa tertunda beberapa hari.

2. Ada kesalahan Teknis
Misalnya ketika dalam proses cetak mengalami kejadian mesin cetaknya rusak yang tidak kita duga sebelumnya, sedangkan untuk perbaikan tentu akan butuh waktu yang ekstra.

3. Kesalahan SDM
Misalnya karyawan yang baru tidak mengerjakan salah satu bagiannya sesuai dengan SOP dan akhirnya hasilnya menjadi tidak rapi.

4. Kendala Faktor Pengiriman/Ekspedisi
Misal saat terjadi faktor cuaca yang buruk dan peak faktor saat pengiriman barang. Ketika barang harus segera berangkat ternyata cuaca buruk, jadi tertunda pengirimannya.

Sebelum mengirim barang, sebagai pemilik usaha pastikan sudah Anda cek kembali, apakah barang pesanan klien sudah benar-benar pantas untuk Anda kirimkan. Jika Anda percayakan pengecekan ke tangan karyawan, pastikan sudah sesuai SOP.

Jangan pernah mengabaikan Quality Control atas barang pesanan klien. Pesanan apa pun itu. Misal: Klien A pesan mug senilai 10rb di QC sedang klien B pesan centong senilai 3rb tidak di QC. Jangan sampai seperti ini. Hargai pesanan Klien Anda!!!

Senang si ya, jika kita bisa membantu hari bahagia orang lain. Tapi kalau pada akhirnya tidak bisa tepat waktu dan barang yang diterima rusak mmmm kasihan klien yang sudah memberikan kepercayaan penuh kepada kita. “Uang masih bisa dicari namun harga sebuah kepercayaan sulit untuk didapatkan kembali”

Lebih baik ada waktu yang cukup untuk produksi = barang jadi lebih cepat dari deadline yang dijanjikan + cukup waktu untuk QC + hasil bagus dan sampai tepat waktu. Dan…..Anda puas….

http://tasya-souvenir.com/

Iklan

One thought on “Tasya Souvenir Mementingkan Ketepatan Waktu & Quality Control

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s